Bursa Transfer Pemain Chelsea Sekolahkan 24 Pemain Musim Ini

September 16, 2013 Berita BolaBerita Sepak Bola

Bursa Transfer Pemain Chelsea Sekolahkan 24 Pemain Musim Ini – Sebanyak 24 pemain Chelsea di-“sekolah”-kan oleh manajemen klub Liga Inggris tersebut. Mereka dipinjamkan ke berbagai klub Eropa di awal musim 2013/2014 ini. Di antaranya, juga termasuk beberapa pemain muda berbakat, seperti penyerang Romelu Lukaku dan Victor Moses, gelandang Marko Marin dan Gael Kakuta, serta kiper Thibaut Courtois.

Menurut Direktur Teknis Chelsea, Michael Emenalo, mereka melakukan kebijakan tersebut untuk memberikan kesempatan kepada para pemain muda tersebut untuk bisa mendapatkan kesempatan bermain yang lebih banyak. Karena, jika terus dipertahankan, mereka belum tentu bisa menembus tim utama Chelsea yang sudah dihuni banyak pemain bintang.

Pemain muda yang berusia di antara 18 sampai 21 tahun itu sendiri memang sedang berada di waktu tersulit, karena mereka harus memikirkan untuk bermain bagus sehingga bisa dipilih masuk ke tim utama, demi kelanjutan karir mereka kemudian. Oleh karena itu, pihak Chelsea berpikir akan lebih baik jika para youngster tersebut dipinjamkan ke klub lain, di mana mereka bisa memiliki peluang dan kompetisi yang bagus.

Emenalo menilai kebijakan tersebut cukup menguntungkan bagi klub dan pemain itu sendiri. Karena, sesuai dengan aturan Financial Fair Play, setiap klub harus mendapatkan pemain muda dan memaksimalkan bakat mereka. Makanya, klub asal London itu mencoba mencari jalan keluar, dengan cara mengirimkan mereka untuk bermain di beberapa klub lain, yang kemungkinan besar bisa menjanjikan tempat sebagai pemain reguler.

Selain itu, keputusan tersebut juga terbaik yang dilakukan untuk para pemain seusia mereka, karena alasan secara psikologis dan fisik. Masih menurut Emelano, para pemain muda tersebut bisa menguji diri mereka sendiri dengan berkompetisi di level yang berbeda. Sedangkan, klub sendiri juga bisa memiliki peluang untuk mengevaluasi mereka dan mencari tahu apakah mereka sudah siap bermain untuk tim utama Chelsea di masa mendatang.

Emenalo memang memastikan bahwa pihak klub akan bertindak seadil dan seprofesional mungkin dalam mengevaluasi para pemain yang dipinjamkan tersebut. Jadi, jika mereka bisa bermain bagus di klub “sekolah” mereka saat ini, bukan tidak mungkin musim depan para pemain tersebut bisa menembus skuad utama Chelsea, dan bermain secara reguler dengan bintang-bintang The Blues lainnya di berbagai kompetisi yang mereka ikuti.

Sebagian besar pemain muda itu sendiri memang dipinjamkan selama satu musim hingga akhir musim 2013/2014 ini ke beberapa klub besar Eropa, baik klub local maupun di luar Inggris. Selain Lukaku yang dipinjamkan ke Everton, Victor Moses ke Liverpool, Marin ke Sevilla (Spanyol), Kakuta ke Vitesse Arnhem (Belanda), Courtois ke Ateletico Madrid (Spanyol), juga ada Oriol Romeu ke Valencia (Spanyol), Wallace ke Inter Milan (Italia), Todd Kane ke Blackburn Rovers (Inggris), dan Stipe Perica ke NAC Breda (Belanda).

Vitessen Arnhem mendapatkan pemain pinjaman Chelsea yang paling banyak, yaitu sebanyak enam orang. Selain Kakuta, lima pemain lainnya adalah Lucas Piazon, Patrick van Aanholt, Christian Atsu, Sam Hutchinson, dan Cristian Cuevas. Sedangkan sisanya dipinjamkan ke beberapa klub kecil.

Tags: