Bursa Transfer Pemain Tim Eropa Habiskan Anggaran Mega Transfer Musim Ini

September 5, 2013 Berita BolaBerita Sepak Bola

Tim Eropa Habiskan Anggaran Mega Transfer Musim Ini Bursa Transfer Pemain – Anggaran dalam dana besar yang digelontorkan oleh sejumlah klub-klub Eropa pada bursa transfer periode pertama di musim ini mencapai angka yang fantastis. Setidaknya total pengeluaran di musim ini mencapai 2.3 triliun dolar.

Bahkan liga terkaya di dunia bahkan bisa mendapatkan kekayaan lebih besar lagi di musim ini sebagaimana klub-klub Inggris juga memberikan keuntungan terhadap tim Eropa lainnya.

Hanya kurang dari tiga bulan selama bursa transfer zona Eropa dibuka, lebih dari 2.3 triliun dolar telah dibelanjakan oleh sejumlah klub yang berada di lima kompetisi negara ternama – dan sepertiganya dikirimkan oleh klub-klub Liga Premier ke luar negeri, menurut sebuah analisis oleh perusahaan akuntansi Deloitte.

Pengeluaran jor-joran tersebut mungkin bertentangan dengan kesulitan ekonomi global yang dampaknya sangat dirasakan oleh banyak fans, namun tetap saja bursa transfer berjalan seperti sedia kala dan sama sekali tidak menunjukkan penurunannya.

Meskipun ada peraturan Financial Fair Play yang relatif baru dalam persepakbolaan Eropa, hari terakhir batas transfer musim panas ini pergerakan dana dalam jumlah besar belum berakhir.

“Apabila harga seorang pemain sangat tinggi atau tidak, saya pikir inilah pasar terbuka dan kami tidak dapat melakukan campur tangan di dalamnya,” ujar presiden FIFA Sepp Blatter. “Ini benar-benar menggambarkan pangsa pasar Eropa.”

Hanya kurang dalam kurun waktu tiga bulan, 760 juta dari 980 juta dolar dibayarkan oleh klub-klub Inggris ke rekening bank di luar negeri – dan angka tersebut bahkan naik sebesar 60 persen dari tahun sebelumnya.

Rekor transfer tersebut tidak terlepas berkat peran Tottenham Hotspur yang melahirkan 132 juta dolar atas penjualan Gareth Bale ke real Madrid dengan memecahkan rekor dunia sebelumnya yang ditorehkan rekannya, Cristiano Ronaldo, kala direkrut dari Manchester United.

Meskipun Spanyol telah mengalami resesi untuk banyak hal dalam empat tahun terakhir, mereka mampu menghasilkan ribuan orang untuk menyambut kedatangan Gareth Bale pada Senin lalu, yang konon mendapatkan bayaran mencapai 461,000 juta per-pekan.

Tentu hal tersebut mengundang pertanyaan bagi pemimpin sepakbola dunia yang melihat adanya kejanggalan.

“Anda mengatakan bahwa negara tersebut miskin atau mengalami kerugian, namun dalam dunia sepakbola anda bisa mencari uang dari mana saja,” lanjut Blatter.

Sebagai contoh klub papan atas Spanyol, bagaimanapun juga, mampu menghasilkan profit di musim panas lalu mencapai 145 juta  dolar dan sementara tim Italia mengalami surplus 16 juta dolar.

Sementara perencanaan keuangan tidak begitu cerdas di tempat lain.

Total pengeluaran bersih dari klub Liga Premier mencapai 622 juta dolar, sementara di Prancis hanya 198 juta dolar dan Jerman semakin irit yaitu 79 juta dolar.

Kekuatan keuangan yang dihasilkan oleh klub papan atas Liga Premier tidak terlepas dari ikatan kontrak dengan pihak televise, yang menggelontorkan dana lebih dari 8.5 triliun dolar untuk kurun waktu tiga tahun ke depan.