Italia Krisis Kiper

January 1, 2014 Berita BolaBerita Sepak Bola

 

Italia Krisis Kiper – Mantan kiper Juventus dan juga kiper tim nasional Italia, Dino Zoff mengaku dan juga mengatakan bahwa dirinya sangat mengkhawatirkan kondisi tim nasional Italia saat ini. ia menilai bahwa Skuad Gli Azzuri saat ini mengalami regenerasi di sekotr penjaga gawang yang kurang berhasil alias mandek. Menurut Zoff, Italia tidak memiliki kiper muda yang bisa menjadi andalan di tim nasional Italia saat ini. Ia menilai bahwa saat ini hanya Gigi Buffon yang pantas menjadi andalan Italia. Beberapa nama yang disebut-sebut bisa menjadi andalan dan juga pengganti yang sepadan untuk Buffon seperti Perin, Sirigu dan juga Marchetti, belum memuaskan Zoff.

Zoff yang pernah bermain sebanyak 112 kali untuk tim nasional Italia dan juga sudah lebih dari 300 kali membela skuad Bianconeri tersebut, menilai tidak banyak penjaga gawang muda Italia yang mampu menampilkan kualitas dan juga bakatnya di musim terakhir ini. ia menilai beberapa kiper muda Italia kurang memiliki karakter yang benar-benar kuat dan bisa membuat Cesare Prandelli merasa yakin bahwa ia layak untuk masuk ke dalam skuad Italia dan berhak menggantikan peran Buffon.

Zoff sendiri mengatakan bahwa pada awalnya ia melirik sosok Andrea Consigli dan juga Antonio Mirante yang mampu tampil cukup konsisten. Namun sayangnya sekarang mereka sudah tua dan juga bukan termasuk kiper muda lagi. Zoff sendiri berharap bahwa Genoa bisa terus menggunakan jasa Mattia Perin. Ia menilai Perin memang belum bisa membuktikan diri dan juga menampilkan karakter seperti halnya Buffon. Namun Zoff merasa yakin bahwa Mattia Perin bisa menjadi kiper andalan tim nasional Italia di masa mendatang jika ia terus dimainkan oleh Genoa dan juga bisa menampilkan permainan konsisten.

Zoff mengatakan bahwa dengan banyaknya tekanan yang datang dari lingkungan sekitar dunia sepakbola Italia, mereka dengan mudah kehilangan minat kepada dunia sepak bola tersebut. Zoff mengatakan bahwa para pemain muda harus merasakan gairah dan juga semangat bermain bola. Dan tidak boleh memaksakan dan akhirnya membuat mental mereka jatuh sebelum waktunya. Zoff mengakui bahwa adanya teknologi baru pada bola memang bisa membuat kiper akan mengalami kesulitan untuk menahan bola tersebut. Dan factor ini ada baik dan buruk. Baiknya adalah membuat kiper bisa mengasah ketrampilan dan juga kualitas mereka. Namun buruknya bisa menjadi penurunan mental ketika dengan mudah gawangnya dibobol.  Dan mantan pelatih tim nasional Italia ini juga menyebutkan bahwa tidak salah jika Prandelli selalu mengandalkan sosok Gianluigi Buffon utnuk menajdi kiper tim nasional Italia. Secara kualitas dan mental, Buffon sudah sangat pas dan cocok. TIdak salah jika Buffon sebagai kiper terbaik Italia.