Peran Agensi Dalam Bursa Transfer Bagian 1

December 26, 2013 Berita BolaBerita Sepak Bola

Peran Agensi Dalam Bursa Transfer Bagian 1Peran Agensi Dalam Bursa Transfer Bagian 1 – Peran Agensi di dunia sepak bola atau bursa transfer memang menimbulkan polemic. Badan sepak bola Eropa UEFA kabarnya berusaha untuk melarang agensi tersebut, demikain dengan  FIFA yang ingin menyingkirkannya. Sedangkan Federasi Sepak Bola Inggris dan juga Prancis bahkan sudah menganggap illegal peran ini. Namun justru peran agensi yang berfungsi sebagai kepemilikan pihak ketiga masih menonjol di dunia sepakbola modern. Salah satu proses transfer yang menghadirkan peran agensi atau pihak ketiga tersebut adalah proses transfer Radamel Falcao ke AS Monaco di bursa transfer musim panas lalu.

Hengkangnya Falcao dari skuad Atletico Madrid, memang menjadi proses transfer yang tidak bisa dihindari. Pasalnya status Falcao yang memang sebagian besar dimiliki oleh pihak ketiga dimana Falcao juga dimiliki oleh salah satu perusahaan investasi yang memang berperan membeli pemain yang berpotensi menjadi bintang pada usia muda. Yang pastinya dengan tujuan untuk mendatangkan untung yang besar.

Tentu saja kehadiran peran agensi atau pihak ketiga ini bisa membuat klub bisa mengambil atau membeli pemain yang jauh dari jangkauan dan tidak mampu mereka beli. Salah satu peran pihak ketiga adalah Grup Doyen Sports yang merupakan salah satu perusahaan penyedia dana dengan taraf internasional memiliki porsi besar dalam kepemilikan bomber asal Kolombia tersebut. Meskipun Atleti sendiri juga mengklaim bahwa mereka memiliki hak 100 persen atas Falcao ketika memperkuat Atletico. Falcao sendiri berada di situs resmi milik Doyen Grup tersebut. Namun tidak diketahui secara pasti hubungan antara Doyen dan juga Falcao.

Sedangkan pada rekening FC Porto yang juga mantan pemilik Falcao, menunjukkan adanya biaya yang harus dikeluarkan oleh tim asal Portugal tersebut untuk membayar biaya sang pemain pada tahun 2010-11 yang berkisar diantara € 20 juta. Dan pastinya dana ini untuk membayar sang agensi tersebut.

Porto sendiri ternyata hanya memiliki 100 % kepemilikan 6 pemain di tim inti mereka. Sementara sisanya merupakan ‘part ownership’ atau ‘Co ownership” dengan klub lain dan juga agensi lain. Atletico sendiri dikabarkan juga mengikuti metode yang sama ketika merekrut Falcao. Atleti sebelumnya terpaksa menjual pemain seperti David de Gea ke Manchester United di musim panas bulan Juni 2011 dan juga Sergio Aguero ke Manchester City untuk mengatasi utang yang tentunya sudah lebih dari € 200 juta. Namun selang 3 minggu kemudian setelah penjualan Sergio Kun Aguero, pada bulan Agustus 2011, Atletico membayar sebesar € 40 juta untuk mendapatkan Falcao.

Jorge Mendes yang juga agen dari Cristiano Ronaldo dan juga Jose Mourinho menjadi tokoh utama dalam proses transfer ini. Mendes yang juga bersama Peter Kenyon (mantan petinggi United dan Chelsea) terlibat dalam pembuatan perusahaan bernama Doyen Sports. Berikutnya nama Simon Oliveira masuk ke jajaran staf Doyen bertindak sebagai managing director. Dan nama terakhir yang direkrut adalah Neymar.