Peran Agensi Dalam Bursa Transfer Bagian 2

December 27, 2013 Berita BolaBerita Sepak Bola

Peran Agensi Dalam Bursa Transfer Bagian 2Peran Agensi Dalam Bursa Transfer Bagian 2 –  Grup Doyen memang sempat dikabarkan mempunyai sekitar 55 persen kepemilikan dari Radamel Falcao ketika FC Porto memtuuskan untuk menjual ke Atletico Madrid. Hal ini dibuktikan bahwa perusahaan Grup Doyen Sports ini membantu untuk memuluskan proses transfer sang pemain. Penegluaran dana dari Atletico Madrid sednrii dikabarkan cukup kecil atau jauh lebih rendah dari biaya transfer yang mencapai € 40 juta. Pasalnya Atletico sedang dalam kondisi penuh hutang. Sementara untuk menebus Falcao dari Porto dan untuk mendapatkan hak si pemain, Doyen membantu dengan mempertahankan porsi mereka di kepemilikan atas Falcao tersebut.

Pada proses transfer Radamel Falcao ke Atletico Madrid, utang Los Colchoneros sudah sangat menumpuk dan tentu saja membuat kubu FC Porto naik pitam serta akan mengancam melaporkan Atleti kepada FIFA dan akan meminta untuk memperkarakan masalah tersebut ke ranah hukum. Namun tiba-tiba Doyen Sports muncul sebagai sponsor utama dari Atletico Madrid yang bertindak untuk membantu perlengkapan olahraga di skuad Vicente Calderon tersebut. Langkah yang pastinya sangat mengejutkan bagi perusahaan tanpa adanya ketertarikan terhadap konsumen.

Di dalam Situs resmi Doyen Sports sendiri juga menunjukkan nama-nama pemain yang sedang diminati oelh grup tersebut. Namun sayangnya tidak ada klarifikasi mengenai seberapa besar kepemilikan klub kepada para pemainnya tersebut. Hal ini tentu saja menunjukkan betapa rendahnya akuntabilitas dari para agen dan juga pihak ketiga di struktur kerja dari FIFA sendiri. Selain Falcao, sebelumnya grup agensi ini juga telah ikut membayarkan dana sebesar 50 % untuk memuluskan proses transfer Dorlan Pabon ke Valencia dan juga membantu untuk pembelian Joshua Guilavogui tanpa adanya keterangan mengenai kepemilikan sang pemain.

Falcao yang menjalani musim debut yang sanga fantastis di La Liga, sempat ingin hengakng ke Chelsea. Namun keinginan tersebut langsung berubah seiring permohonan dari Diego Simeone dan sang Presiden sendiri. Falcao sendiri kabarnya dijanjikan mendapat bagian yang sangat besar jika ia hengkang nantinya. Dan terbukti ketika Falcao keluar dari skuad Atleti dengan harga € 60 juta pada bursa transfer musim panas lalu. Biaya € 45 juta hanya didapat oleh Atleti, dengan sisa sekitar 15 juta didapat oleh Falcao.

Atletico Madrid sendiri hanya mendapat untung € 5 juta dari penjualan Falcao. Namun dipercaya dana keuntungan tersebut sudah dibayarkan kepada pihak Doyen Sports yang bertindak sebagai pihak ketiga dimana mereka memberikan pinjaman kepada Atletico guna memuluskan pembelian Falcao di bursa transfer musim panas 2011. Atletico Madrid sendiri hanya membayar cicilan kepada FC Porto pada bursa transfer musim panas lalu dengan biaya sekitar € 7 juta dan masih memiliki utang kepada FC Porto € 5 juta.