Peran Agensi Dalam Bursa Transfer Bagian 3

December 28, 2013 Berita BolaBerita Sepak Bola

Peran Agensi Dalam Bursa Transfer

Peran Agensi Dalam Bursa Transfer  Bagian 3 – Pada proses transfer Radamel Falcao, akhirnya Los Rojiblancos hanya bisa menghasilkan sedikit keuntungan dari penjualan Falcao yang tentu saja sangat kurang untuk mendapatkan bomber baru. Beruntung Diego Costa sudah disiapkan oleh Diego Simeone untuk menjadi pengganti yang sepadan untuk Falcao. Belum lagi David Villa yang didapat dengan harga murah.

Falcao sendiri pada bursa transfer musim panas lalu memang banyak diminati oleh klub-klub besar Eropa. Namun perlahan dan pasti mereka memilih mundur untuk merekrut pemain berusia 27 tahun tersebut yang dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Monaco, Chelsea dan juga Real Madrid yang terus maju dan menyatakan mampu serta bersedia guna membayarkan biaya transfer yang dibutuhkan oleh Atletico Madrid untuk membayar kepada pihak ketiga dan juga memiliki hak atas Radamel Falcao seutuhnya. Sehingga membuat keterikatan pihak ketiga praktis akan hilang. Apalagi federasi sepakbola Prancis sendiri melarang keras peran Grup Doyen Sports tersebut. Biaya gaji yang mencapai € 14 juta setahun, membuat Monaco maju sebagai peminat utama. Sementara Madrid dan Chelsea langsung mundur teratur. Banyak pihak memang meyakini bahwa Falcao memang layak untuk dihargai mahal.

Peran kepemilikan pihak ketiga memang sudah banyak disorot oleh para pemilik klub di Eropa. Bahkan presiden Lazio, Claudio Lotito menyuarakan dan juga mempertanyakan investasi dari peran agensi atau pihak ketiga tersebut. Pasalnya Lotito ketika itu ingin mendatangkan gelandang asal Brazil, Felipe Anderson dari Santos yang terganjal oleh Doyen Sports yang memiliki 50 % sang pemain. Lotito menganggap hal ini merupakan salah satu “pemerasan.” Namun pada akhirnya Lotito tetap memboyong sang pemain ke Olimpico Roma.

 Peran agensi dan juga pihak ketiga ini memang lebih marak di Amerika Selatan. Lihat saja United yang menolak untuk memperpanjang kontrak Carlos Tevez yang terlalu mahal dikarenakan peran pihak ketiga. Belum lagi proses transfer Neymar yang kisruh dimana Santos hanya mendapat bagian 9 juta euro. Sedangkan Neymar sendiri dibeli El Barca sekitar 57 juta euro. Kemana dana sisa pembelian Neymar tersebut masih tanda Tanya.

Kasus kepemilikan seorang pemain dan juga kariernya oleh peran pihak ketiga atau agensi yang konon tidak berhubungan dengan dunia sepak bola memang sudah menjadi keprihatinan di badan otoritas sepakbola masing-maisng Negara dan juga UEFA sendiri. Meskipun sekretaris jenderal UEFA, Gianni Infantino sudah meminta FIFA untuk bertindak tegas dan memberikan sangsi kepada pihak ketiga tersebut, FIFA belum bergerak dan sejauh ini tidak bisa mengambil cara yang adil untuk menanggulangi permasalahan tersebut. Dan ternyata masih banyak para pemain lain yang berada di bawah naungan Doyen Sports ini. Salah satunya adalah Eliaquim Mangala yang menjadi incaran oleh banyak klub di Eropa.