Sambut Musim Kompetisi 2014 Persib Bandung Luncurkan Merchandise

November 27, 2013 Berita BolaBerita Sepak Bola

Sambut Musim Kompetisi 2014 Persib Bandung Luncurkan Merchandise

Sambut Musim Kompetisi 2014 Persib Bandung Luncurkan Merchandise – Setelah sukses meraup untuk besar pada penjualan merchandise sejak pertengahan tahun lalu, Persib Bandung kembali menyusun misi penjualan merchandise untuk musim kompetisi 2014. Kali ini benda koleksi Kartu Bintang masih menjadi andalan. Sebenarnya tidak hanya Kartu Bintang yang menjadi satu-satunya merchandise Persib Bandung. Masih banyak lagi benda-benda yang berasal dari club di Jawa Barat ini, seperti jersey dan atribut supporter. Namun diantara benda-benda koleksi Persib tersebut, Kartu Bintang tetap menjadi primadona bagi para supporter.

Mungkin dari para pembaca yang berada di luar Jawa Barat masih banyak yang bertanya-tanya apa sebenarnya Kartu Bintang yang menjadi andalan Persib tersebut. Kartu Bintang adalah salah satu benda koleksi yang didalamnya memuat foto dan biodata lengkap dari masing-masing pemain Persib. Disesuaikan dengan jumlah pilar skuad Pangeran Biru, Kartu Bintang ini dirilis dalam 23 varian dengan jumlah total hingga 1 juta kartu. Sedangkan penjualannya sendiri dilakukan sejak pertengahan tahun lalu. Kartu Bintang ini dipasarkan di seluruh Kota dan Kabupaten di Jawa Barat.

Siapa sangka penjulan merchandise Kartu Bintang ini ternyata mendapat antusias yang cukup besar dari para supporter. Hingga pada musim depan Persib akan mencoba kembali peruntungannya ini. Namun Kartu Bintang musim depan tentu berbeda dengan musim sebelumnya. Sejumlah perubahanpun sudah direncanakan dengan matang. Perubahan yang dimaksud disini adalah dengan meng-update susunan para pemain Persib, selain itu juga akan dilakukan perombakan mengenai desain dan kelengkapan data masing-masing pemain.

M Farhan selaku Direktur Marketing dan Pemasaran PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) mengatakan, dalam meluncurkan Kartu Bintang perdana, pihaknya mendapat banyak pelajaran, termasuk dari program Kartu Bintang pada Indonesia Super League (ISL) 2013. Salah satunya adalah mengenai sistem distribusi kartu koleksi tersebut.

Farhan yang kala itu ditemui di tengah acara Alfamart Sales Reward di Graha Persib, menceritakan panjang lebar mengenai sejarah Kartu Bintang andalan timnya ini. Di tahun 2013, yaitu di tahun pertama merilis Kartu Bintang, Persib telah menggandeng Alfamart yang dipercayakan sebagai salah satu distributor. Farhan juga mengaku kehadiran perusahaan waralaba tersebut sangat membantu penjualan Kartu Bintang. Bahkan hingga ke berbagai daerah di Jawa Barat penjualan Kartu Bintang ini nyaris ludes diburu supporter.

Selain bekerjasama di dalam pendistribusian Kartu Bintang, Persib dan Alfamart juga menjalin kerjasama waralaba. Saat ini, Persib telah memiliki empat outlet Alfamart, yang keuntungannya menjadi kontribusi besar bagi kas PT PBB.

Edwards S Efendi selaku Kepala Alfamart cabang Bandung menjelaskan, kios-kios Alfamart yang berlogo Persib mempunyai sistem franchise. Artinya, keuntungan yang diperoleh Persib tergantung omset dari outlet-outlet tersebut.

Sesuai dengan nama acaranya, Alfamart Sales Reward, Persib memberikan penghargaan bagi 6 outlet Alfamart yang berhasil mencatat penjualan Kartu Bintang terbanyak. Yaitu Alfamart BKR Tasikmalaya, Ciawitali Cimahi, Sarimanah Bandung, Limbangan, SMK Pasundan Bandung, dan Cijoged Subang.